Implementasi Grafik Komputer & Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari

a.  Grafik Komputer

Grafik komputer adalah sebuah ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).

Istilah “Grafik komputer “ ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. Grafik computer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Grafik komputer meliputi beberapa bagian, yaitu:
1.     Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.
2.     Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3.     Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4.     Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Implementasi grafik komputer:
1.     Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh:

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan software terkemuka Adobe System yang dapat digunakan untuk editor gambar vektor. Bagi pengguna komputer yang banyak berkecimpung dalam dunia desain dan multimedia, keberadaan software yang satu ini tidaklah asing. Fitur dan kemudahan yang ditawarakan oleh Adobe Illustrator sendiri membuat para pengguna menjadi termanjakan untuk terus berkarya.
Adobe Illustrator sendiri pertama kali dirilis sekitar tahun 1986 dan hanya dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS. Namun seiring perkembangannya software desain grafis yang satu ini mampu untuk berjalan pada sistem operasi Windows. Sebagai salah satu software desain grafis yang cukup populer, Adobe Illustrator sudah mengalami banyak pengembangan, versi - versi yang sudah rilis dipasaran mulai dari versi 1 hingga sekarang sudah rilis Adobe Illustrator versi CC yang tentu sudah banyak penambahan fitur - fitur didalamnya.
Fungsi Adobe Illustrator
Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator adalah sebagai software editing gambar vektor. akan tetapi secara lebih khusus lagi, sobat komputer dapat menggunakan Adobe Illustrator untuk keperluan membuat desain - desain sebagai berikut :
1.   Membuat desain logo
2.   Desain Aplikasi
3.   Desain Gambar

2.     Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Banyak aplikasi yang ada contohnya aplikasi 2 dimensi seperti tetris, hingga yang rumit 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game Mobile Legend

Mobile Legend

Mobile Legends adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon developer. Game ini dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Game MOBA satu ini sukses mencuri perhatian para gamer di Indonesia sejak tahun 2016.
Permainan ini dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim.
Permainan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari daftar hero yang bisa diakses oleh pemain. Hero yang tersedia adalah hero yang telah dibeli dan hero yang sedang ‘dipinjamkan’ secara gratis kepada pemain oleh sistem. Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan.
Lama permainan berkisar sekitar 15 menit untuk 1 ronde.

3.     Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan grafik komputer sangat dibutuhkan sekali dalam penerapannya dibidang ini. Misalnya aplikasi Prezi yang digunakan oleh seorang dosen atau mahasiswa yang ingin mempresentasikan sebuah materi.

Prezi

Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua objek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot objek-objek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain terlihat lebih menarik, Aplikasi yang sudah dipublikasikan tahun 2009 ini dapat menunjang presentasi secara online. Presentasi juga dapat disajikan secara offline dengan mendownload terlebih dahulu slide presentasi ke komputer Anda.

Untuk memulai proses pembuatan, Anda diharuskan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota. Namun jangan khawatir, software ini membuka pendaftaran gratis bagi publik, sehingga Anda dapat memakainya secara gratis. Walau memiliki banyak keunggulan, software hasil ciptaan Adam Somlai-Fischer ini juga tak terlepas dari beberapa kelemahan. Sifatnya yang merupakan software online membuat para penggunanya tentu harus selalu dalam keadaan online dalam setiap proses pembuatannya. Jadi buat Anda yang memiliki koneksi internet lambat, tentu harus sedikit bersabar akibat proses editing menjadi sedikit lebih lama. Selain itu, karena menggunakan zoomable canvas, mungkin saja bagi audience yang tidak terbiasa malah menjadi ‘pusing’ karena melihat slide dengan putaran huruf-huruf yang membesar ataupun mengecil secara kontinyu, walau sebenarnya ini lebih tergantung kepada yang membuat slide presentasi untuk bagaimana presentasinya nyaman dilihat. Terlepas dari itu, Prezi tetap layak untuk dicoba, khususnya bagi Anda yang memiliki ide-ide kreatif dalam pembuatan presentasi. So, Happy zooming.

      b.  Pengolahan Citra

Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang.

Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik.

Implementasi pengolahan citra:
1.     OCR
       

OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.

Contoh pengunaan :
Riwayat kerja Pegawai Negeri. Setiap Pegawai Negeri mempunya arsip sendiri 2x, dokument kenaikan pangkat, dokument kenaikan gaji, dokument pindah alamat kerja dan lain sebagainya. Dengan mengunakan scanner dan OCR semua ini dapat disimpan dengan mudah dikomputer, lalu atasan dapat dengan mudah melihat arsip pegawainya hanya dengan mencari dokument tersebut melalui nama depan atau belakang.

2.     Fingerprint

Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas. Sensor Fingerprint seperti ini digunakan pada beberapa peralatan elektronik seperti smartphone, pintu masuk, alat absensi karyawan dan berbagai macam peralatan elektronik yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, dan hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu saja. Sebelum sensor Fingerprint ditemukan, dahulu sebuah data di amankan dengan menggunakan password atau ID, ada juga yang menggunakan pola guna mengamankan suatu data.

Namun sekarang berkat di temukanya metode keamanan dengan menggunakan Fingerprint, metode keamanan menggunakan pola dan password mulai di tinggalkan, karena sifatnya yang kurang personal. Dahulu Fingerprint hanya di terapkan pada peralatan elektronik seperti untuk mengamankan pintu dan untuk absensi karyawan. Namun semakin berkembangnya zaman, kini Fingerprint sudah di terapkan untuk mengamankan data yang ada di smartphone setiap penggunanya.

Sedangkan pada penerapan alat absensi karyawan, Fingerprint berguna untuk meminimalisir kecuarangan karyawan yang bisa mengakibatkan kerugian perusahaan. Sehingga dengan adanya Fingerprint, setiap karyawan bertanggung jawab atas kehadiranya sendiri di kantor.

Selain itu penerapan Fingerprint pada sebuah pintu seperti brankas juga meminimalisir akses, karena dengan Fingerprint akses dari suatu pintu brankas hanya bisa di buka oleh orang-orang tertentu saja, bahkan hanya untuk satu orang saja. Sehingga keamanan barang yang berada di dalamnya bisa di jamin.

3.     Radar

Radar Merupakan salah satu Peralatan Navigasi Elektronik, Radar singkatan dari “Radio Detection and Ranging” adalah peralatan navigasi elektronik terpenting dalam pelayaran. Pada dasarnya radar berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur jarak suatu obyek di sekeliling kapal. Disamping dapat memberikan petunjuk adanya kapal, pelampung, kedudukan pantai dan obyek lain disekeliling kapal, alat ini juga dapat memberikan baringan dan jarak antara kapal dan objek-objek tersebut.

Dari Pengertian Tentang Radar diatas radar sangat bermanfaat untuk mengetahui kedudukan kapal lain sehingga dapat membantu menghindari/ mencegah terjadinya tabrakan dilaut. Radar akan sangat berguna pada saat cuaca buruk, keadaan berkabut dan berlayar dimalam hari terutama apabila petunjuk pelayaran seperti lampu suar, pelampung, bukit atau bangunan secara visual tidak dapat diamati.

Fungsi Radar Kapal Adalah Sebagai Berikut :
Menurut Hadi Supriyono, Capt, (2001 : 14) fungsi radar adalah suatu alat pembantu navigasi elektronik yang gunanya :
1.     Untuk menentukan posisi kapal dari waktu ke waktu. Dalam menentukan posisi kapal dengan radar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu menggunakan baringan dengan baringan, menggunakan baringan dengan jarak dan menggunakan jarak dengan jarak.
2.     Memandu kapal keluar – masuk pelabuhan atau perairan sempit. Pada posisi Head Up, radar sangat efektif dan efisien untuk membantu para nakhoda atau pandu dalam melayarkan kapalnya keluar-masuk pelabuhan, sungai atau alur pelayaran sempit.
3.     Membantu menemukan ada atau tidaknya bahaya tubrukan. Dengan melihat pada layar Cathoda Ray Tube (CRT) adanya pantulan atau echo dari awan yang tebal.
4.     Membantu memperkirakan hujan melewati lintasan kapal. Dengan melihat pada layar radar (Cathoda Ray Tube) adanya pantulan atau echo dari awan yang tebal.
  
DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Service Lifecycle

Cara Install Ms.Access 2016