Implementasi Grafik Komputer & Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari
a. Grafik Komputer
Grafik komputer adalah
sebuah ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar
(visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafika komputer
2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image
processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Istilah “Grafik komputer “
ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. Grafik computer sering dikenal
juga dengan istilah visualisasi data.
Grafik komputer meliputi
beberapa bagian, yaitu:
1.
Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.
2.
Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi
gerakan
3.
Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek
cahaya
4.
Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan
penyuntingan gambar.
Implementasi grafik
komputer:
1.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan
karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak,
logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Contoh:
Adobe Illustrator
Adobe
Illustrator merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan
software terkemuka Adobe System yang dapat digunakan untuk editor gambar
vektor. Bagi pengguna komputer yang banyak berkecimpung dalam dunia desain dan
multimedia, keberadaan software yang satu ini tidaklah asing. Fitur dan
kemudahan yang ditawarakan oleh Adobe Illustrator sendiri membuat para pengguna
menjadi termanjakan untuk terus berkarya.
Adobe Illustrator sendiri
pertama kali dirilis sekitar tahun 1986 dan hanya dapat berjalan pada sistem
operasi Mac OS. Namun seiring perkembangannya software desain grafis yang satu
ini mampu untuk berjalan pada sistem operasi Windows. Sebagai salah satu
software desain grafis yang cukup populer, Adobe Illustrator sudah mengalami
banyak pengembangan, versi - versi yang sudah rilis dipasaran mulai dari versi
1 hingga sekarang sudah rilis Adobe Illustrator versi CC yang tentu sudah
banyak penambahan fitur - fitur didalamnya.
Fungsi Adobe Illustrator
Secara garis besar fungsi
Adobe Illustrator adalah sebagai software editing gambar vektor. akan tetapi
secara lebih khusus lagi, sobat komputer dapat menggunakan Adobe Illustrator
untuk keperluan membuat desain - desain sebagai berikut :
1.
Membuat desain logo
2.
Desain Aplikasi
3.
Desain Gambar
2.
Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user
interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat
video. Banyak aplikasi yang ada contohnya aplikasi 2 dimensi seperti tetris,
hingga yang rumit 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game Mobile
Legend
Mobile Legend
Mobile Legends adalah game yang dikembangkan dan dirilis oleh Moontoon
developer. Game ini dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Game
MOBA satu ini sukses mencuri perhatian para gamer di Indonesia sejak tahun
2016.
Permainan ini dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim.
Permainan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari daftar hero
yang bisa diakses oleh pemain. Hero yang tersedia adalah hero yang telah dibeli
dan hero yang sedang ‘dipinjamkan’ secara gratis kepada pemain oleh sistem.
Dengan kata lain, tidak semua hero dapat langsung dimainkan.
Lama permainan berkisar sekitar 15 menit untuk 1 ronde.
3.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan grafik komputer sangat dibutuhkan sekali dalam
penerapannya dibidang ini. Misalnya aplikasi Prezi yang digunakan oleh seorang
dosen atau mahasiswa yang ingin mempresentasikan sebuah materi.
Prezi
Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet
(SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk
mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul
karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang
memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media
presentasi mereka.
Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier
maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi
linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari
presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi
lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam
bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran
relatif dan posisi antara semua objek presentasi dan dapat mengitari serta
menyorot objek-objek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat
membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.
Selain terlihat lebih menarik, Aplikasi yang sudah dipublikasikan tahun
2009 ini dapat menunjang presentasi secara online. Presentasi juga dapat
disajikan secara offline dengan mendownload terlebih dahulu slide presentasi ke
komputer Anda.
Untuk memulai proses pembuatan, Anda diharuskan terlebih dahulu mendaftar
sebagai anggota. Namun jangan khawatir, software ini membuka pendaftaran gratis
bagi publik, sehingga Anda dapat memakainya secara gratis. Walau memiliki
banyak keunggulan, software hasil ciptaan Adam Somlai-Fischer ini juga tak
terlepas dari beberapa kelemahan. Sifatnya yang merupakan software online
membuat para penggunanya tentu harus selalu dalam keadaan online dalam setiap
proses pembuatannya. Jadi buat Anda yang memiliki koneksi internet lambat, tentu
harus sedikit bersabar akibat proses editing menjadi sedikit lebih lama. Selain
itu, karena menggunakan zoomable canvas, mungkin saja bagi audience yang tidak
terbiasa malah menjadi ‘pusing’ karena melihat slide dengan putaran huruf-huruf
yang membesar ataupun mengecil secara kontinyu, walau sebenarnya ini lebih
tergantung kepada yang membuat slide presentasi untuk bagaimana presentasinya
nyaman dilihat. Terlepas dari itu, Prezi tetap layak untuk dicoba, khususnya
bagi Anda yang memiliki ide-ide kreatif dalam pembuatan presentasi. So, Happy
zooming.
b. Pengolahan Citra
Pengolahan citra adalah
pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang
kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali
citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya
mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam,
kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih
sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut
menjadi berkurang.
Agar citra yang mengalami
gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra
tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik.
Implementasi pengolahan citra:
1.
OCR
OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk
men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa
menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang
bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi.
Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan
setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.
Contoh pengunaan :
Riwayat kerja Pegawai Negeri. Setiap Pegawai Negeri mempunya arsip
sendiri 2x, dokument kenaikan pangkat, dokument kenaikan gaji, dokument pindah
alamat kerja dan lain sebagainya. Dengan mengunakan scanner dan OCR semua ini
dapat disimpan dengan mudah dikomputer, lalu atasan dapat dengan mudah melihat
arsip pegawainya hanya dengan mencari dokument tersebut melalui nama depan atau
belakang.
2.
Fingerprint
Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang menerapkan sensor scanning
untuk mengetahui sidik jari seseorang guna keperluan verifikasi identitas.
Sensor Fingerprint seperti ini digunakan pada beberapa peralatan elektronik
seperti smartphone, pintu masuk, alat absensi karyawan dan berbagai macam
peralatan elektronik yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, dan hanya
bisa di akses oleh orang-orang tertentu saja. Sebelum sensor Fingerprint
ditemukan, dahulu sebuah data di amankan dengan menggunakan password atau ID,
ada juga yang menggunakan pola guna mengamankan suatu data.
Namun sekarang berkat di temukanya metode keamanan dengan menggunakan
Fingerprint, metode keamanan menggunakan pola dan password mulai di tinggalkan,
karena sifatnya yang kurang personal. Dahulu Fingerprint hanya di terapkan pada
peralatan elektronik seperti untuk mengamankan pintu dan untuk absensi
karyawan. Namun semakin berkembangnya zaman, kini Fingerprint sudah di terapkan
untuk mengamankan data yang ada di smartphone setiap penggunanya.
Sedangkan pada penerapan alat absensi karyawan, Fingerprint berguna untuk
meminimalisir kecuarangan karyawan yang bisa mengakibatkan kerugian perusahaan.
Sehingga dengan adanya Fingerprint, setiap karyawan bertanggung jawab atas
kehadiranya sendiri di kantor.
Selain itu penerapan Fingerprint pada sebuah pintu seperti brankas juga
meminimalisir akses, karena dengan Fingerprint akses dari suatu pintu brankas
hanya bisa di buka oleh orang-orang tertentu saja, bahkan hanya untuk satu
orang saja. Sehingga keamanan barang yang berada di dalamnya bisa di jamin.
3.
Radar
Radar Merupakan salah satu Peralatan Navigasi Elektronik, Radar singkatan
dari “Radio Detection and Ranging” adalah peralatan navigasi elektronik
terpenting dalam pelayaran. Pada dasarnya radar berfungsi untuk mendeteksi dan
mengukur jarak suatu obyek di sekeliling kapal. Disamping dapat memberikan
petunjuk adanya kapal, pelampung, kedudukan pantai dan obyek lain disekeliling
kapal, alat ini juga dapat memberikan baringan dan jarak antara kapal dan
objek-objek tersebut.
Dari Pengertian Tentang Radar diatas radar sangat bermanfaat untuk
mengetahui kedudukan kapal lain sehingga dapat membantu menghindari/ mencegah
terjadinya tabrakan dilaut. Radar akan sangat berguna pada saat cuaca buruk,
keadaan berkabut dan berlayar dimalam hari terutama apabila petunjuk pelayaran
seperti lampu suar, pelampung, bukit atau bangunan secara visual tidak dapat diamati.
Fungsi Radar Kapal Adalah Sebagai Berikut :
Menurut Hadi Supriyono, Capt, (2001 : 14) fungsi radar adalah suatu alat
pembantu navigasi elektronik yang gunanya :
1.
Untuk menentukan posisi kapal dari waktu ke waktu. Dalam
menentukan posisi kapal dengan radar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu
menggunakan baringan dengan baringan, menggunakan baringan dengan jarak dan
menggunakan jarak dengan jarak.
2.
Memandu kapal keluar – masuk pelabuhan atau perairan sempit.
Pada posisi Head Up, radar sangat efektif dan efisien untuk membantu para
nakhoda atau pandu dalam melayarkan kapalnya keluar-masuk pelabuhan, sungai
atau alur pelayaran sempit.
3.
Membantu menemukan ada atau tidaknya bahaya tubrukan. Dengan
melihat pada layar Cathoda Ray Tube (CRT) adanya pantulan atau echo dari awan
yang tebal.
4.
Membantu memperkirakan hujan melewati lintasan kapal. Dengan
melihat pada layar radar (Cathoda Ray Tube) adanya pantulan atau echo dari awan
yang tebal.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar